Nah, bagian gambar yang telah dibagi2 inilah yang nantinya akan kita susun kemudian, hingga mebentuk seperti gambar aslinya.
Nah, langsung saja teman2 kita bahas langkah-langkahnya pembuatannya ya…
Pertama desainlah stage seperti gambar di bawah ini (desainnya boleh bebas, terserah selero masing2…:))
Semua Komponen ini kita letakkan pada Layer 1 Frame 1. Terdiri dari Teks Tool (ada dua), button/tombol (2 buah) dan RangtangeTool (2 buah)
- Silahkan inputkan gambar asli yang nantinya akan kita bagi2 menjadi beberapa bagian (dalam contoh ini, kita bagi menjadi 9 bagian), caranya : klik File >Import to Stage > Silahkan pilih salah satu gambar yang diinginkan) kemudian atur size gambar
- Gambar yang telah diinputkan tersebut beri nama menjadi gbrAsli (Klik Kanan nama gambar pada menu Library, kemudian Rename) dan letakkan pada kotak gambar asli
- Silahkan Copy dan Paste gbrAsli, kemudian bagi menjadi 9 (matrix 3 x 3) bagian, terserah sizenya berapa (yang penting buat menjadi 9 bagian)
- Masing2 bagian Convert menjadi MovieClip beri nama = bag1 s/d bag9 dan Instance Name = bag1 s/d bag9
- bag1 s/d bag9, silahkan di duplicat. Ganti nama dan instance name = As1 s/d As9, kemudian masing-masing susun dan letakkan pada kotak Puzzle Dison (urutannya tersusun hingga membentuk gambar asli).
- Silahkan tambahkan Frame ke 2 pada Layer 1 (Insert Key Frame)
- Pada kotak Gambar Asli, silahkan hapus gambar asli. Sekarang Kotak Gambar Asli tersebut kita letakkan bag1 s/d bg9 dengan susunan yang acak. Di dalam Frame 2 ini juga tambahkan Text Tool untuk menuliskan waktu, kemudian tambahkan 3 lagi Text Tool dengan type Dynamic (masing2 ganti instance name menjadi menit, detik dan cdetik). Ketiga Text Tool ini digunakan untuk menampilkan waktu Game.
- Silahkan tambahkan Frame ke 3 pada Layer 1 (Insert Key Frame) dan lakukan langkah ke 7 (kecuali penambahan text waktu)
- Silahkan tambahkan Frame ke 4 pada Layer 1 (Insert Key Frame) dan lakukan langkah ke 7 (kecuali penambahan text waktu)
- Kemudian pada Frame ke 10 lakukan Insert Blank Key Frame. Frame ini kita jadikan sebagai frame yang ditampilkan ketika Game Over. Silahkan Tambahkan Text Game Over, kemudian Teks Skor dan Teks Keterangan dan 1 buah Button kembali
- Lakukan penambahn Layer2, rubah nama layernya menjadi Script (layer ini kita gunakan sebagai tempat untuk mengetik semua Script yang digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
KOMENTAR YANG BAIK YAAA...!!!