Hai sobat matahari, pada postingan kali ini saya akan memberi contoh
tentang cara membuat game di aplikasi scratch. Nah, judul game yang akan
saya buat ini adalah Bounce in the Sea. Apaan tuh? Jadi, Bounce in the
Sea ini adalah game yang menggunakan kelincahan mata dan tangan untuk
menjalankan papan penyanggah agar bola yang datang dapat memantul ketika
mengenai papan penyanggah dan menyentuh objek-objek yang ada dalam game
sehingga pemain akan mendapatkan tambahan point ketika bola menyentuh
objek. Begini nih tampilan gamenya nanti
Game ini akan kita buat menjadi 3 level dan setiap pergantian level akan ada pertanyaan unik yang harus dijawab oleh si pemain. Baiklah, langsung kita mulai aja ya tutorialnya. Cekidot…
1. Pertama kita buat dulu sprite-sprite untuk game ini, yaitu bola (1), papan (2), kawat (3), kerang
nah untuk bola dan papan memiliki warna yang berbeda tiap level. Itulah mengapa pada gambar terlihat bola memiliki 3 kostum, begitu pula dengan papannya.
2. Setiap kerang juga memiliki kostum yang berbeda seperti berikut
3. Tambahkan juga sprite tombol start, help, quis tiap kenaikan level, dan tombol level. Gambar di bawah menunjukkan semua sprite yang akan kita gunakan
4. Jangan lupa untuk menyiapkan background yang berbeda untuk setiap level. Karena game ini berjudul bounce in the sea, maka kita pakai background dasar laut. Lalu background game over, cover, dan perpindahan setiap level, seperti gambar di bawah ini. Urutan klik ikuti nomor yang tercantum pada gambar
5. Buat variabel skor seperti ini
6. Setelah itu, buat perintah seperti gambar berikut
Salah satu hal yang membedakan tantangan di setiap level adalah kecepatan bolanya. untuk mengatur kecepatan itu, ada pada perintah “bergerak sebanyak … step”
Nah, untuk sprite kerang ini, semua perintah sama pada setiap kerang, yang membedakan hanya koordinatnya saja (pindah ke x: … y: …).
Untuk start button dan help button, di buat 2 kostum dengan ukuran kostum kedua 2x lebih besar daripada ukuran kostum 1. Ini berfungsi supaya ketika pointer menyentuh button, muncul efek zoom out.
Untuk pertanyaan dari ikan itu hanya contoh saja, jika sobat matahari punya ide lain yang lebih kreatif dan menantang boleh saja :)
7. Untuk sprite lain seperti sprite 15, 19, dan 20 bisa mengikuti perintah sejenis yang sudah ada, tinggal logika dari teman-teman saja yang disinkronkan dengan perintah-perintah pada setiap sprite, kemudian di coba sendiri.
8. Selanjutnya, untuk pergantian background seperti ini perintahnya
Yak, itulah perintah-perintah yang digunakan untuk membuat Game “Bounce in the Sea” ini. Jika semua sudah dibuat, beginilah tampilan-tampilan game yang sudah jadi.
tampilan level 3 itu gambar yang paling atas ya, hehe
Kalau gambar kurang jelas, klik aja gambarnya nanti muncul ukuran aslinya.
Baiklah, segitu aja postingan dari saya, semoga bermanfaat buat sobat matahari semuanya, selamat mencoba ;)
Terima kasih
Game ini akan kita buat menjadi 3 level dan setiap pergantian level akan ada pertanyaan unik yang harus dijawab oleh si pemain. Baiklah, langsung kita mulai aja ya tutorialnya. Cekidot…
1. Pertama kita buat dulu sprite-sprite untuk game ini, yaitu bola (1), papan (2), kawat (3), kerang
nah untuk bola dan papan memiliki warna yang berbeda tiap level. Itulah mengapa pada gambar terlihat bola memiliki 3 kostum, begitu pula dengan papannya.
2. Setiap kerang juga memiliki kostum yang berbeda seperti berikut
3. Tambahkan juga sprite tombol start, help, quis tiap kenaikan level, dan tombol level. Gambar di bawah menunjukkan semua sprite yang akan kita gunakan
4. Jangan lupa untuk menyiapkan background yang berbeda untuk setiap level. Karena game ini berjudul bounce in the sea, maka kita pakai background dasar laut. Lalu background game over, cover, dan perpindahan setiap level, seperti gambar di bawah ini. Urutan klik ikuti nomor yang tercantum pada gambar
5. Buat variabel skor seperti ini
6. Setelah itu, buat perintah seperti gambar berikut
Salah satu hal yang membedakan tantangan di setiap level adalah kecepatan bolanya. untuk mengatur kecepatan itu, ada pada perintah “bergerak sebanyak … step”
Nah, untuk sprite kerang ini, semua perintah sama pada setiap kerang, yang membedakan hanya koordinatnya saja (pindah ke x: … y: …).
Untuk start button dan help button, di buat 2 kostum dengan ukuran kostum kedua 2x lebih besar daripada ukuran kostum 1. Ini berfungsi supaya ketika pointer menyentuh button, muncul efek zoom out.
Untuk pertanyaan dari ikan itu hanya contoh saja, jika sobat matahari punya ide lain yang lebih kreatif dan menantang boleh saja :)
7. Untuk sprite lain seperti sprite 15, 19, dan 20 bisa mengikuti perintah sejenis yang sudah ada, tinggal logika dari teman-teman saja yang disinkronkan dengan perintah-perintah pada setiap sprite, kemudian di coba sendiri.
8. Selanjutnya, untuk pergantian background seperti ini perintahnya
Yak, itulah perintah-perintah yang digunakan untuk membuat Game “Bounce in the Sea” ini. Jika semua sudah dibuat, beginilah tampilan-tampilan game yang sudah jadi.
tampilan level 3 itu gambar yang paling atas ya, hehe
Kalau gambar kurang jelas, klik aja gambarnya nanti muncul ukuran aslinya.
Baiklah, segitu aja postingan dari saya, semoga bermanfaat buat sobat matahari semuanya, selamat mencoba ;)
Terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
KOMENTAR YANG BAIK YAAA...!!!